My Life And Spirit For Malang City!

jangan ada rasis dan kekerasan di antara kita..

“Mengapa suporter tidak lebih dulu melakukan fair play, misalnya? Mau menerima sekontroversial apapun hasil pertandingan. Tak lagi melepas lemparan botol. Selalu mau membeli tiket masuk stadion. Hanya menyanyikan lagu yang bisa membakar semangat dan bukan memancing emosi kubu rival, terlebih jika lagu itu bernada rasis dan genosida.”


itulah yang saya rasakan 2tahun belakangan ini,selalu ada nyanyian rasis didalam stadion.bahkan ini menjadi suatu lagu wajib di beberapa kalangan suporter di indonesia.tak hanya rasis bahkan kekerasan yang merupakan dendam kedaerahan ataupun rivalilitas antar suporter.
coba kita lihat pesta juara arema tahun 2010


perusakan kendaraan plat L oleh beberapa peserta konvoi dan nyanyian2 hujatan yang ditujukan kepada Bonekmania, pendukung klub sepakbola Persebaya Surabaya.
Miris sekaligus malu. Sebegitu besarnya kebencian mereka, bahkan saat merayakan kemenanganpun kebencian terhadap klub supporter lain ditunjukkan secara nyata. Padahal yang mereka lakukan itu mencoreng muka sendiri dan muka warga Malang secara umum.
Saya tidak menutup mata bahwa tindakan mereka ini merupakan balasan dari perlakuan Bonekmania kepada mereka. Tapi mau sampai kapan kondisi seperti ini dibiarkan? Kapan warga Surabaya bisa dengan tenang melintas di jalanan Kota Malang tanpa diganggu tindakan rasis pendukung Aremania, begitu juga sebaliknya? Kapan kedua tim supporter bisa saling mendukung klub kesayangannya tanpa harus menunjukkan kebencial pada tim lain?
Mencari akar permasalahan yang mengawali permusuhan keduanya lalu menuding pelakunya tentu bukan barang mudah. Kedua tim supporter pasti akan punya argumen sendiri2 berdasarkan pengalaman kelamnya masing2. Apalagi perselisihan antar-supporter seperti ini melibatkan massa pendukung yang jumlahnya sangat banyak.



ayolah kita sadar,kita hargai perbedaan,kita dukung tim kesayangan kita masing-masing tanpa mengaggap rendah kelompok lain!!


no tawuran,no rasis,no anarrkis just good fotball indonesia!!